:: Sponsored ::


:: Statistic ::


Web Page Counter
Since 25.01.2006
Since 17.Aug.2005

visitor online

:: MP3 Player ::
Tam's MP3 Player
:: Tam's IndoHitz ::
:: Quotation ::
:: Blog Map ::
My Location
:: The Story ::


Kepemimpinan Basis Spiritualitas Universal dari "Good" Menjadi "Great"
<$BlogDateHeaderDate$>
Belakangan ini bermunculan buku-buku berparadigma baru mengenai kepemimpinan. Di antaranya yang paling terkenal adalah buku karya Stephen R Covey, "The 8th Habit", yang menegaskan bahwa kepemimpinan sekarang ini tidak cukup hanya "menjadi efektif", karena menjadi efektif sebagai pemimpin adalah sebuah keharusan dan bayaran di zaman penuh kompetisi global.

Buku Nanang Qosim Yusuf ini merupakan buku jenis kepemimpinan baru dengan basis spiritualitas universal, sejalan dengan basis inner voice- nya jenis buku-buku kepemimpinan. Nizami dalam buku syair Sufinya Haft Paikar (Tujuh Jelita) mengatakan, "Jika dengan betul kau baca dirimu sebagai naskah, kau akan kekal. Ruh itu kebenaran, yang lain dusta." Begitulah buku jenis ini. Buku ini dalah buku yang berdasarkan kebenaran universal, yang mengembangkan kepemimpinan dari panggilan "suara paling dalam".

Orang-orang seperti Mahatma Gandhi, Ibu Theresa, dan Nelson Mandela adalah contoh pemimpin dalam zaman kita yang memimpin dengan inner voice. Istilah buku ini memimpin dengan cinta. Buku yang dalam tiga bulan ini menjadi pembicaraan luas banyak bicara mengenai kepemimpinan berdasarkan cinta. Kalau spiritualitas, membicarakan mengenai cara-cara bagaimana jiwa manusia—dengan jalan cintanya itu—menyempurnakan tali hubungannya dengan Tuhan, dan peluang-peluang yang membolehkan jiwa melakukan pendakian ke alam ketuhanan. Dalam pendakian semacam ini, kepemimpinan mengembangkan gagasan bagaimana manusia yang adalah pemimpin itu menggapai awareness, kesadaran akan panggilan tertingginya sebagai pemimpin. Pendakian ini dilakukan melalui "tangga-tangga" perjalanan spiritualitas kepemimpinan.

Buku ini menjelaskan adanya tujuh tangga kesadaran dalam kepemimpinan. Teori Nanang mengenai tujuh tangga kesadaran kepemimpinan ini cocok sekali dengan teori perenial dari Fariduddin Attar, Musyawarah Burung (Manthiq al-Thayr), yang menyampaikan kisah perjalanan burung-burung mencari raja mereka, Simurg, secara menarik dan alegoris—sebuah ekspresi sastra yang memerlukan ketajaman intuitif untuk menangkap maknanya.
Attar lewat ekspresi Musyawarah Burung ini merumuskan ketujuh peringkat dan keadaan rohani tersebut sebagai: pertama, lembah pencarian (thalâb), sejalan dengan yang oleh Nanang sebut "Awareness of Thinking—Born to be King". Kedua, lembah cinta [Ilahi] (isyq), sejalan dengan "Awareness of Silence—Jika Kau Diam Tuhan pun Berbicara". Ketiga, lembah pemahaman atau pengenalan Tuhan (ma`rifah), sejalan dengan "Awareness of Succsess—The Power of Love". Keempat, lembah kepuasan rohani (istighrâq), sejalan dengan "Awareness of Soul—The Power of Soul: Kekuatan dari Sang Jiwa". Kelima, lembah kesatuan (tawhîd), sejalan dengan "Awareness of Wisdom—Air Kehidupan". Keenam, lembah ketakjuban (hayrah), sejalan dengan "Awareness of Vision—Tuhan Pun Bervisi". Dan, Ketujuh, lembah kefakiran dan kefanaan (faqr dan fanâ’,) sejalan dengan yang disebut Nanang "Awareness of Surrender—The Power of Zero, Kekuatan dari Keikhlasan".

Di sini Nanang Qosim Yusuf meyakinkan kita bahwa dalam mencapai "Yang Satu" itu, tingkat terakhir, "The Awareness of Surrender," seseorang tidak dapat melakukannya dengan usaha hanya secara intelektual semata.
Mendekati Tuhan secara intelektual tidak akan sampai pada makna hakiki. Makna hakiki juga tidak bisa dicapai hanya dengan perasaan kerinduan. Sebab, pengalaman Yang Ilahi ini harus dicapai dengan melibatkan seluruh proses rasionalitas dan kerohanian, yang mencakup penciptaan kembali pribadi-yang-semula (fitrah, kodrat dasar insani) secara lengkap—yang oleh Nanang disebut "Manusia di Atas Rata- rata"—yang akan menghasilkan pembebasan yang berhubungan dengan tercapainya bentuk-bentuk kesadaran baru, kesadaran transendental, yaitu penyatuan mistis dalam yang disebut buku ini "Pengalaman Zero".

Dalam ekspresi mistis (istilah buku ini, "diawali dan diakhiri oleh Zero"), kehendak disatukan dengan perasaan mendalam, hasrat yang berkobar untuk mentransendensikan alam indra (empiris) supaya "diri" bersatu dengan cinta menuju Yang Satu, Yang Ilahi; keberadaan yang secara intuitif diterima oleh jiwa secara transenden (kosmis). Buku jenis ini biasanya diperolehnya lewat pengalaman hati, yaitu sejenis intuisi batin atau wawasan yang tidak pernah salah. Ahli mistik mungkin berkata—mengikuti bahasa mistis St Bernard— "Rahasiaku untuk diriku sendiri". Namun, sebagai seniman, atau saudara Nanang sebagai trainer kepemimpinan, ia tak dapat berbuat demikian. Kepadanya telah diamanatkan kewajiban mengekspresikan segala yang telah dia peroleh. Dia terikat untuk menyatakan cintanya. Di dalam memuja keindahan Yang Maha Sempurna, keimanan—bagi penyair— harus diimbangi dengan karya yang mampu menampung kedalaman pengalaman.

Dengan menggunakan selubung dan simbol, dia harus menafsir pengalamannya sendiri kepada orang lain—menjadi segi ekspresi sebuah karya, seperti buku ini—sehingga buku seperti ini pun menjadi penghubung antara alam dunia ini dan alam hakikat.
Buku ini adalah hasil perenungan dan pengalaman makrifat (kedekatan dengan yang Ilahi), misalnya dalam memikirkan dan merenungkan wajah Kekasih Yang Maha Indah, yaitu Tuhan. Apabila Kekasih telah hadir dan menyingkap keindahan wajah-Nya, maka Taman Mawar Ilahi menjadi simbol seorang penyair yang mengalami makrifat itu dalam mengekspresikan kemabukan dan penyatuan mistik dengan Yang Ilahi.

Buku ini, seperti puisi para sufi yang berfungsi sebagai sarana ekspresi bagi kemabukan dan penyatuan mistik, dapat dipandang sebagai proyeksi untuk mengingat dan merindukan kesatuan (bersatunya manusia) dengan Kekasihnya (Tuhan).
Buku ini sangat penting karena mengajak kita ke jalan intuisi, jalan yang disebut Nanang sebagai a voyage to eternity, sebuah jalan intuisi dalam kepemimpinan. Jalan intuisi sekarang dianggap penting dalam kepemimpinan karena pertama, intuisi merupakan jalan tempat berpindah ke alam keabadian atau transenden. Kedua, buku-buku seperti ini, yang indah dan mendalam secara maknawinya, pada dasarnya ditulis setelah penulisnya melakukan penyucian diri, dengan meneguhkan terlebih dahulu kehendaknya sehingga cermin penglihatan (rohani)nya (kepekaan intuitifnya) menjadi terang. Ketiga, intuisi merupakan ekspresi dari pengalaman akan Yang Ilahi (pengalaman makrifat). Keempat, Nanang menyatakan bahwa keindahan wajah Tuhan (dalam penampakan metafisis-teofaniknya) dapat disaksikan di "medan yang qadîm" (medan-abadi) yang merujuk pada pengalaman primordial manusia yang tertanam dalam lubuk hati terdalam (kefitrahan).

Maka, buku ini dapat menjadi tangga naik menuju diri sejati— sebuah tangga kearifan yang sangat diperlukan seorang pemimpin. Sebuah syair menggambarkan sebuah kepemimpinan pelayanan. Buku Nanang ini berhasil memadukan pencapaian apa yang disebut Stephen R Covey, keagungan organisasi, keagungan kepemimpinan, dan keagungan pribadi. Pengalaman Nanang sebagai seorang trainer muda yang berbakat telah menjadikan buku ini berhasil mengolah ketiga hal tersebut. Karena keberhasilan dan daya tarik buku ini, tidak heran kalau hanya dalam satu bulan cetakan pertama buku ini telah habis diserap pasar.
Saya merekomendasikan Anda untuk membaca buku ini, untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan Anda, istilah Jim Collin dalam bukunya, Good To Great, dari good menjadi great!

(Oleh: Budhy Munawar-Rachman, Kompas)

posted by .:: me ::. @ 6:44:00 AM  
3 Comments:
  • At 19/11/09 21:40, Anonymous Anonymous said…

    [url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]macromedia flash animation software, [url=http://firgonbares.net/]cheap office software[/url]
    [url=http://firgonbares.net/][/url] downloadable phone software the software shop
    acdsee vista [url=http://firgonbares.net/]bookstore academic software[/url] 2 Mac
    [url=http://firgonbares.net/]using oem software[/url] office home software
    [url=http://firgonbares.net/]buy free software[/url] autocad light
    smart office software [url=http://firgonbares.net/]cheap oem software for[/b]

     
  • At 11/12/09 19:32, Anonymous Anonymous said…

    [url=http://murudobaros.net/][img]http://murudobaros.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]discount software for educators, [url=http://murudobaros.net/]microsoft office teachers discount[/url]
    [url=http://murudobaros.net/]microsoft pocketpc software[/url] dirt cheap software site to buy software
    4 Design Premium Mac [url=http://murudobaros.net/]educator discounts on software[/url] 11 Mac StuffIt
    [url=http://murudobaros.net/]how to sell my software[/url] adobe photoshop cs3 serial number
    [url=http://murudobaros.net/]office applications software[/url] canada map software
    software price quotation [url=http://murudobaros.net/]purchase software from[/b]

     
  • At 26/12/09 03:03, Anonymous Anonymous said…

    [url=http://vonmertoes.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]winzip 12 keys, [url=http://vonmertoes.net/]coreldraw bit torrent[/url]
    [url=http://hopresovees.net/][/url] filemaker pro 9 crack nero 9 reviews
    macromedia player software [url=http://bariossetos.net/]microsoft office 2003 updates[/url] antivirus kaspersky
    [url=http://hopresovees.net/]os x address book into filemaker pro 9[/url] download autocad
    [url=http://bariossetos.net/]List Software Downloadable Software[/url] discount vista software
    buy seo software [url=http://hopresovees.net/]buy cheap software oem[/b]

     
Post a Comment
<< Home
 
:: My Profile ::

... m.y.z.t.e.r.i.o.u.z ...
... click my profile ...
... please don't click ...




Join me on Friendster!

Chat 

With Me
:: Wisdom ::

When we succeed, we are thankful. When we fail, we are also thankful.
The happiness and wealth are in the thankful attitude itself.
[Saat sukses kita bersyukur. Saat gagalpun kita bersyukur.
Sesungguhnya kebagiaan dan kekayaan sejati ada pada rasa bersyukur.]"

Love and attention is power! If all us are willing to share love and attention towards people arounds us, then life will be happier and more meaningfull.
(Cinta dan perhatian adalah kekuatan! Jika setiap hari kita mau memberikan cinta dan perhatian kepada orang-orang di sekeliling kita hidup akan lebih bermakna).

Terkadang manusia terlebih dahulu tenggelam dalam keputusasaannya.
Dengan emosinya mereka mengatakan bahwa masalah yang mereka hadapi sangatlah berat.
Sesungguhnya jika mereka yakin dengan usaha mereka, niscaya Tuhan pasti menjawabnya.

Salah satu cara yang paling efektif untuk memperbaiki diri adalah dengan mengingat dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan.
Karena mungkin saja kesempitan yang dialami saat ini adalah buah dari kesalahan masa lalu dan kita belum memohonkan ampun kepada Allah.

The future is not a result of choices among alternative paths offered by the present, but a place that is created – created first in the mind and will, created next in activity.
The future is not some place we are going to, but one we are creating. The paths are not to be found, but made, and the activity of making them, changes both the maker and the destination.[John Schaar].
:: Recent Post ::
:: Archives ::
:: Menu ::
:: LETTO Fans Blog ::
:: NIDJIholic Blog ::

Click Slide Show
:: Friends ::
:: Games ::
:: Powered By ::

BLOGGER
2006, Ver. 4.0, Design by: Tamtomo~ Email: TamtomoMail~ Please Send Your Comment About Our Blog